Jumat, 26 April 2013

Nama Anak-Anak Yakub

Yakub memiliki dua istri yaitu Lea dan Rahel,mereka ini adalah saudara kandung,dan putri dari Laban.
Selain istri,Yakub juga memiliki gundik yaitu Bilha dan Zilpa.

Dari ke-2 istri dan 2 gundik,Yakub dikarunia 13 orang anak,12 anak laki-laki dan seorang anak perempuan.

Inilah nama dan makna ke-13 anak Yakub:

1. RUBEN
Sesungguhnya Tuhan telah memperhatikan kesengsaraanku,sekarang tentulah aku dicintai oleh suamiku.

2. SIMEON
Sesungguhnya Tuhan telah mendengar,bahwa aku tidak dicintai,lalu diberikanNya pula anak ini padaku.

3. LEWI
Sekali ini suamiku akan lebih erat padaku karena aku telah melahirkan tiga anak laki-laki baginya.

4. YEHUDA
Sekali ini aku akan bersyukur pada Tuhan.

(keempat anak itu adalah putra Lea. Doa dan harapan Lea melekat pada nama mereka).

5. DAN
Allah telah memberikan keadilan padaku,juga telah didengarkanNya permohonanku dan diberikanNya kepadaku seorang anak laki-laki.

6. NAFTALI
Aku telah sangat hebat bergulat dengan kakakku dan aku pun menang.

(kedua anak ini lahir dari Bilha,budak perempuan Rahel. Rahel lah yang memberi nama pada ke-2 anak itu. Itulah doa dan harapan Rahel.)

7. GAD
Mujur telah datang padaku

8. ASYER
Aku ini berbahagia tentulah perempuan-perempuan akan menyebut aku berbahagia.

(kedua anak ini lahir dari Zilpa,budak perempuan Lea. Lea lah yang memberi nama mereka. Doa dan harapan Lea melekat pada nama anak-anak itu)

9. ISAKHAR
Allah telah memberi upahku karena aku telah memberi budakku perempuan kepada suami.

10. ZEBULON
Allah telah memberikan hadiah yang indah padaku,sekali ini suamiku akan tinggal bersama-sama denganku karena aku telah melahirkan enam anak laki-laki baginya.

11. DINA
Anak perempuan Yakub dan Lea.

(ketiga anak tersebut lahir dari Lea. Doa dan harapan Lea melekat pada nama anak-anak itu)

12. YUSUF
Allah telah menghapus aibku. Mudah-mudahan Tuhan menambah seorang anak laki-laki lagi padaku.
(Yusuf adalah putra Rahel. Rahel sangat bahagia dan bersukacita.)

13. BENYAMIN
Anak bungsu Yakub. Ibunya Rahel dan memberi nama Ben-Oni tapi Yakub menamainya Benyamin.
Ketika melahirkan Rahel meninggal.

Itulah nama anak-anak Yakub dari kedua istri dan kedua gundiknya.

1 komentar: