Sabtu, 06 April 2013

ARTI WARNA TUTUP ALTAR GEREJA HKBP

Saat  aku masih Sekolah Minggu,aku sering melihat altar Gereja kami ditutupi dengan warna yang menarik.
Saat itu aku berpikir warna penutup altar itu hanyalah sebagai penarik atau untuk memperindah altar Gereja saja. 

Tapi setelah remaja,aku mulai belajar sidi. Saat belajar sidi lah aku baru mengerti kalau warna penutup altar itu mempunyai makna tersendiri.

And then.......makna warna penutup altar adalah:
1. Warna VIOLET [UNGU]
Ungu adalah warna kerajaan.
Warna ini adalah lambang pengampunan dari Tuhan Yesus Kristus yang adalah seorang Raja.

2. Warna PUTIH
Putih adalah warna keabadian dan kesempurnaan.
Warna ini merupakan lambang dari keabadian Tuhan Yesus Kristus dan juga para malaikatNya.

3. Warna HIJAU
Hijau adalah warna khidupan dan pertumbuhan.
Warna ini merupakan lambang dari perbuatan orang Kristen di dalam kuasa  penebusan Kristus serta kuasa keselamatan dari Allah Bapa.

4. Warna MERAH
Merah adalah warna darah dan api.
Warna ini merupakan lambang dari semangat puji-pujian dan penyembahan kepada Tuhan.

5. Warna HITAM
Hitam adalah warna dari kegelapan dan dukacita.
Warna ini merupakan lambang kematian Tuhan Yesus untuk menebus dosa manusia. Lambang dari kesengsaraan dan penderitaan Tuhan Yesus Kristus.


Itulah makna dari warna penutup altar Gereja HKBP.
Pemakaiannya pun disesuaikan dengan tema minggu ibadah.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar