Rabu, 24 April 2013

GODS AND KINGS

Sebuah fiksi sejarah berdasarkan kitab RAJA-RAJA dan TAWARIKH.
Penulis nya bernama LYNN AUSTIN.
Selain seorang penulis Lynn Austin juga seorang pembicara terkenal diberbagai konferensi,retreat,dan acara gereja serta sekolah.
Austin menerima tiga kali Christy Awards berkat bukunya yang berjudul ''HIDDEN PLACE'' ''CANDLE IN THE DARK'' dan ''FIRE BY NIGHT''.
Dia tinggal di ILLINOIS bersama suaminya KEN dan tiga orang anaknya.

Buku ini terbit pertama kali pada tahun 2007 dan dicetak pertama kali di Indonesia pada bulan September 2009 oleh GLORIA GRAFFA.

TOKOH-TOKOH
1. HIZKIA
Hizkia adalah anak kedua raja Ahas. Ketika masih kecil dia mengalami trauma yang membuatnya selalu ketakutan pada ayahnya,pada dewa Molokh,dan derap langkah kaki prajurit dimalam hari. Dia hanya merasa nyaman ketika dia bersama ibunya Abia.

Kematian saudaranya Eliab dan Amarya selalu membayanginya.
Pengenalannya pada YAHWEH [nama Tuhan dalam bahasa Yahudi] bermula ketika dia nyaris menjadi korban persembahan pada Molokh oleh ayahnya. Nabi YESAYA bernubuat saat itu dan dengan penuh keykinan dan pengharapan Hizkia memohon pertolongan Tuhan dan dia pun selamat.

Diusianya yang masih sangat muda dia sudah kehilangan ibunya dan kakeknya. Dia dibimbing oleh seorang cendekiawan dari Mesir bernama Sebna.

Hizkia menjadi raja saat berumur 25 tahun,menggantikan ayahnya dan berkuasa sejak 716 hingga 687 SM.

2. RAJA AHAS
Ahas adalah seorang raja yangn kejam dan jahat. Dia melakukan apa yang jahat dimata Tuhan.
Manjadi raja ketika berumur 20 tahun dan berkuasa sejak 732 hingga 716 SM.

Dia menyembah banyak berhala dan mau mempersembahkan anak sulungnya kepada dewa Molokh bahkan dia tega membunuh istrinya Abia.

Ahas mati karrena diracun oleh seorang kepala istana bernama Uria.

3. ABIA
Abia adalah permaisuri raja Ahas.
Dia membenci suaminya tetapi demi nyawa anaknya dia mau berpura-pura mencintai Ahas.

Abia seorang putri imam besar di Bait Suci bernama Zakharia.
Dia harus kehilangan putra sulungnya Eliab karena dijadikan persembahan kepada dewa Molokh.

Sampai akhir hayatnya dia tetap setia kepada YAHWEH dan mau mati demi mempertahankan imannya. Dia dibunuh oleh suaminya karena hal itu.

4. ZAKHARIA
Ayah Abia,kakek Hizkia.
Dia seorang yang takut akan Tuhan dan menjadi imam besar di Bait Suci.

Pada zaman raja Uzia, dia adalah seorang kepala istana. Tetapi setelah raja Uzia mati karena penyakit kusta dia menjadi seorang pemabuk.
Tapi demi cucunya Hizkia dia bertobat dan menjadi guru pembimbing Hizkia sampai ia ditawan oleh Uria karena melarang raja Ahas memberi korban persembahan pada  dewa  orang Asyur di Bait Suci.

5. URIA
Seorang imam besar di Bait Suci,tapi demi kekuasaan dan jabatan dia menjual imannya dan setia pada Ahas.
Dia beralasan ingin mengajarkan HUKUM TAURAT kepada raja Ahas,tetapi pada kenyataannya dia  lah yang melaksanakan upacara penyembahan pada dewa-dewa.

Uria membunuh raja Ahas karena sang raja tidak mengikuti kata-katanya. Dia mengangkat Hizkia menjadi raja menggantikan raja Ahas.

6. SEBNA
Seorang cendekiawan dari Mesir. Dia diminta raja Ahas untuk menjadi guru pembimbing Hizkia.
Dia bukan seorang penyembah berhala tapi dia berpusat pada ilmu pengetahuan.

7. HILKIA
Sahabat Zakharia.
Dia adalah seorang pengikut YAHWEH. Ketika para Nabi mengalami kesulitan maka dengan senang hati dia akan membantu.

8. ELYAKIM
Anak dari Hilkia.
Usianya lebih tua sedikit dari Hizkia. Setelah menginjak dewasa dia menjadi seorang pemikir atau orang yang gemar pada ilmu pengetahuan. Dia juga setia pada YAHWEH tapi terkadang dia lebih rasional.

9. YESAYA
Seorang Nabi. Dia sepupu raja Ahas.
Ahas membencinya karena Yesaya sering bernubuat didepannya,hingga akhirnya Ahas berniat membunuhnya. Tetapi Yesaya tahu dan akhirnya dia bersembunyi. Ketika Hizkia nyaris jadi korban bagi molokh,dia bernubuat dan Hizkia mendengarnya dan percaya hingga Hizkia selamat. Berkat nubuatannya Hizkia jadi kenal dan tahu akan YAHWEH.

10. MIKHA
Seorang petani sederhana yang takut akan Tuhan.
Dia murid nabi Yesaya dan diutus untuk bernubuat didepan raja Hizkia tepat dijamuan makan malam. Waktu itu Hizkia baru dilantik menjadi raja Yehuda. Berkat nubuatnya raja Hizkia kembali mengingat ajaran kakeknya tentang YAHWEH.

11. ELIAB
Kakak sulung Hizkia.
Dia dibakar untuk persembahan pada molokh oleh ayahnya sendiri,raja Ahas.

12. AMARYA
Anak dari selir raja Ahas.
Sebenarnya dia lebih muda dari Hizkia tapi akhirnya dia yang dibakar untuk persembahan pada dewa molokh menggantikan Hizkia.

13. HEFZIBAH
Istri raja Hizkia yang dipilih langsung oleh raja Ahas.
Dia sangat mencintai Hizkia tapi tidak merasa bahagia karena Hizkia bersikap biasa padanya.

Itulah tokoh sentral dal;am buku ini.
Buku ini tidak meleset dari kenyataan yang ada di Alkitab. Akan tetapi buku ini menjabarkan secara detail apa yang ditulis di Alkitab.

APA YANG SAYA PEROLEH DARI BUKU INI????
Amazing.................
Bersyukur adalah hal pertama yang aku lakukan. Syukurlah Tuhan Yesus lahir kedunia sehingga aku mengenalNYA dan diselamatkan olehNYA.

Tidak kusadari air mataku menetes ketika membaca keadaan Hizkia melewati malam yang mencekam dan penuh ketakutan,dan juga saat Abia menangis memohon untuk keselamatn kedua anaknya tapi dia harus benar-benar kehilangan anak sulungnya

Abia dengan tegas mau mati demi mempertahankan imannya.
Apakah aku pribadi akan melakukan hal sama jika mengalami seperti itu???
Ketika belum diperhadapkan dengan keadaan seperti itu aku dengan tegas akan mengatakan ya aku bersedia tapi ketika kematian didepan mataku akankah aku menyangkal Tuhanku?? AKU BERDOA  untuk tetap TEGUH IMAN. AMEN.

Demi jabatan dan kekuasaan maka kita manusia mau menyangkal dan berbalik dari Tuhan kita seperti yang dilakukan Uria. Tetapi buku ini mengingatkan kita tidak ada yang kekal didunia ini. Uria memang mendapatkan kekuasaan itu tapi dia disiksa oleh hati nuraninya sendiri dan akhirnya dia mati juga.
Adakah diantara kita saat ini Uria-Uria modern masa kini??? semoga TIDAK ADA.

Hizkia diselamatkan karena imannya. Dia percaya YAHWEH akan menyelamatkannya dan memang dia selamat. Buku ini mengajak kita untuk tetap teguh dalam IMAN.

Buku ini sangat amazing.....
Terberkati melalui buku ini.

Tuhan Yesus memberkati.....






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar